Welcome ...

Sunday, February 10, 2013

Hakuna matata, Aal izz well :)


HAKUNA MATATA

Hakuna matata. Siapa yang belum pernah dengar kalimat singkat penuh makna ini? Buat yang pernah nonton film Lion King pasti tau dong.

Hakuna Matata! What a wonderful phrase
Hakuna Matata! Ain't no passing craze
It means no worries for the rest of your days
It's our problem-free philosophy
Hakuna Matata!

Nah itu, cuplikan lirik lagu Hakuna Matata dalam film Lion King.

Hakuna matata, sebuah perkataan dalam Bahasa Swahili yang biasanya diartikan sebagai “jangan khawatir” atau “there’s no worries” dalam Bahasa Inggrisnya. Dua kata ini memang pas banget buat memotivasi diri saat lagi down. Seperti dalam filmnya sendiri, hakuna matata diucapkan (kemudian dinyanyikan) oleh Pumbaa n Timon untuk menenangkan Simba yang lagi galau. Dua tokoh ini mengajarkan kepada Simba (kepada kita juga) untuk tidak usah takut menghadapi apapun (kecuali Allah pastinya) karena seberat apapun cobaan yang mendera kita pasti ada happy ending di baliknya. Kayak yang pernh gue denger “Jangan takut pada hujan badai, karena akan ada pelangi yang indah menanti di akhir.” Bijak banget kaaaan? 0:)

AAL IZZ WELL

Yang pernah nonton film 3 Idiots pasti tau sama kata-kata ini. Aal izz well jika dilihat sekilas bisa diplesetkan menjadi “Aal is well” dalam Bahasa Inggris yang artinya “Semua adalah baik” dalam Bahasa Indonesia atau mungkin kalau dalam bahasa sehari-hari bisa dibilang “Semua baik-baik saja”.

Dil jo tera baat baat pe
Ghabraaye
Dil pe rakh ke haath usae tu fuslaa le
Dil idiot hai pyaar se usko samjha le


Honth ghuma
Seeti bajaa
Seeti bajaa ke bol
Bhaiyaa aal izz well
Aree bhaiyaa all izz well
Aree chachu aal izz well
Aree bhaiyaa all izz well

Itu cuplikan lagu Aal Izz Well yang dalam film 3 Idiots  dinyanyikan Rancho dan dua sahabatnya di kamar mandi asrama. Kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris, kira-kira seperti ini

When your heart is restless everytime,
Keep a hand on your heart and console it,
The heart’s an idiot, knock sense into it with kindness


So Draw back your lips,
Whistle and Exclaim,
Brother, Aal Izz Well
O Brother, Aal Izz Well
Uncle, Aal Izz Well



Aal izz well dalam film 3 Idiots sangat sering diucapkan oleh tokoh utama, Rancho, saat menghadapi kesulitan. Biasanya ia mengucapkan 3 kata ajaib itu dengan posisi tangan kanan di dada kiri. Aal izz well sebenarnya bukan kata magis atau apalah itu, tapi sangat ampuh buat menenangkan hati saat menemui cobaan. Kok bisa? Gue emang bukan ahli psikologi ataupun ahli filsafat. Tapi menurut gue, dengan mengucapkan Aal izz well berkali-kali, alam bawah sadar kita akan memprosesnya. Otak kita akan mencerna makna kata tersebut, terus menyuruh hati kita supaya meyakini makna tersebut sehingga akhirnya hati kita bakal nyaman dan nggak lagi merasa takut, karena yakin semuanya akan baik-baik saja.

Aal izz well, bener-bener bisa membangun pikiran-pikiran positif bagi diri kita. Bagaimana tidak? Dengan 3 kata mujarab ini, kita secara otomatis akan selalu berpikir semuanya akan baik-baik saja. Apapun yang terjadi, semua pasti akan baik-baik saja. Bayangin deh, bakalan tenang banget kan hati dan pikiran kita kalau kita selalu berpikir Aal izz well? J

HAKUNA MATATA, AAL IZZ WELL.

Keren ya? *pede* Karena gue suka banget sama dua simple quote di atas, maka gue gabungin aja dua-duanya. Lagi pula menurut gue dua quote itu saling melengkapi. Iya gaksih? Hakuna matata yanga artinya “Tidak ada yang perlu dikhawatirkan” trus disambung sama Aal izz well yang artinya “Semua baik-baik saja” jadinya “Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, semua baik-baik saja” cucok banget kan? Bakalan tenteram banget hati sama pikiran kita kalo setiap dapat masalah selalu menenangkan diri trus meyakinkan diri bahwa nggak perlu menkhawatirkan apapun, dan selalu berpikir bahwa semua pasti akan baik-baik saja. Dengan kita yakin sama makna tersebut, otak kita akan selalu berpikir positif. Nah, pikiran positif dari otak kita itu akan didukung sama organ tubuh kita yang lain untuk berbuat yang positif juga, seperti menyelesaikan masalah secara positif contohnya.

Sumpah, ini apa banget. Secara tiba-tiba gue berubah menjadi orang yang amat-sangat bijak. Sekali lagi nih ya, gue emang bukan ahli psikologi ataupun ahli filsafat. Gue juga bukan seorang motivator. Tulisan gue ini, dari atas sampai bawah semata-mata murni pandangan gue pribadi atas dua quote tersebut yang bagi gue bener-bener menginspirasi *ceilah*.

For you readers : SEMOGA BERMANFAAT :D Keep think positive guys!

2 comments: