Welcome ...

Wednesday, July 24, 2013

Resensi Nonfiksi “B.3.P; Berhati, Berpikir, Bertindak Positif”

ANDA ADALAH APA YANG ANDA PIKIRKAN

Judul buku        : B.3.P; Berhati, Berpikir, Bertindak, Positif
Pengarang         : Abdurrahman Yuri
Editor               : Nurchasanah
Penerbit            : MQS Publishing
Tahun terbit       : 2010
Tebal buku        : xii + 204 halaman

Pernah mengeluh karena masa lalu? Sering merasa kurang puas atas pencapaian yang telah diraih? Atau bingung menyusun rencana-rencana masa depan yang akan dilakukan? Hal semacam itu sering kita temui dalam kehidupan. Namun, jangan biarkan hal-hal tersebut terus terjadi dalam kehidupan kita.

H. Abdurrahman Yuri Ramdho Ganendra, atau biasa dipanggil A Deda, dalam bukunya yang berjudul B.3.P; Berhati, Berpikir, Bertindak, Positif memberikan solusi-solusi jitu dalam memecahkan berbagai masalah dalam kehidupan kita sehari-hari. Pria yang merupakan adik kandung dari H. Abdullah Gymnastiar, alias Aa Gym ini, adalah seorang motivator, trainer, dan wirausahawan. Sebagai trainer andal, ia juga dikenal sebagai Master of Tips.
Di zaman modern seperti saat ini, banyak sekali hal-hal yang telah berkembang. Hal tersebut sangat mempengaruhi pola pikir manusia-manusia saat ini. Kita menjadi lebih berpikir dinamis untuk menghasilkan hal-hal baru. Akan tetapi di lain pihak, tidak sedikit di antara kita yang masih berpikir negatif atas hidup ini. Terkadang kita malah justru merasa  rendah diri/minder akan keberhasilan orang lain atau merasa pesimistis atas segala tindakan yang akan diambil di masa depan.
Masalah dan tugas semakin hari semakin bertumpuk dan tidak pernah tuntas untuk diselesaikan. Satu masalah selesai, sudah muncul lagi permasalahan lin yang lebih pelik. Akhirnya kehidupan yang kita lalui pun seperti menutup lubang dan menggali lubang permasalahan. Penulis buku ini secara paktis mengupas tentang tips dan trik serta cara untuk menjadi pribadi yang senantiasa berhati, berpikir, dan bertindak positif.
Diawali dengan pengenalan tentang potensi yang dimiliki manusia,  A Deda menjabarkan poensi-potensi yang dimiliki manusia, mulai dari potensi akal, fisik, sampai potensi hati. Banyak manusia yang memiliki fisik sempurna namun kurang mensyukurinya. Misalnya saja menggunakan fisik yang sempurna tersebut untuk melakukan perbuatan yang kurang terpuji. Sedangkan di lain pihak, tidak sedikit orang yang memiliki fisik kurang sempurna namun mampu untuk mandiri dan melakukan hal-hal yang tidak kalah hebat layaknya manusia berfisik normal.
Dilanjutkan ke materi berikutnya, yaitu pembahasan tentang hal-hal yang dapat menjadi penghalang manusia dalam rangka memperoleh kebahagiaan dan lima kiat praktis positif untuk menghadapi masalah. Pada bab berikutnya dijabarkan tentang hal-hal apa sajakah yang termasuk dalam kategori negatif atau positif.
Bab-bab awal tersebut hanya berisi penjelasan-penjelasan dasar saja mengenai hal-hal positif maupun negatif, sedangkan pada bab selanjutnya lebih banyak berupa motivasi-motivasi, karena berisi ajakan untuk mulai berpikir dan bertindak positif dalam kehidupans sehari-hari. Penjelasan tentang hal tersebut dimulai dari langkah awal perubahan dari negatif menjadi positif, yaitu niat, menetapkan tujuan,  menentukan perspektif, membangun sifat berani, sabar, dan langkah-langkah yang lainnya. Di samping itu, A Deda juga menerangkan tentang karakter pribadi yang positif, yang  dicirikan dengan sikap tanggung jawab, tegar, terampil, tekun, toleransi, tenang, kuat, kreatif, jujur, percaya diri, dan masih banyak lagi.
Sajian dalam buku ini sangat cocok untuk manusi masa kini yang bersifat dinamis. Karena berisi motivasi-motivasi yang sangat membangun, buku ini sangat tepat untuk mengatasi rasa minder atau kurang percaya diri yang sering dialami masyarakat. Dilengkapi dengan kutipan-kutipan firman Allah swt, hadist Nabi Muhammad saw maupun para ulama. Kisah-kisah nyata yang terjadi di zaman Rasulullah juga dapat menjadi motivasi tersendiri bagi pembaca.
B.3.P memiliki banyak kelebihan. Dari segi fisik misalnya buku ini memiliki cover yang sedehana namun menarik. Kertas yang digunakan adalah HVS, bukan kertas buram, yang semakin menambah daya tarik buku ini. Ukurannya yang tidak terlalu besar juga sangat menguntungkan, karena dengan ukarannya yang kecil menjadikan buku ini mudah untuk dibawa ke mana pun. Dari segi isi, tidak sedikit juga kelebihan yang dimilikinya. Penjelasan-penjelasan dalam buku ini bersifat lugas namun sopan, sehingga mudah untuk dipahami (tidak berbelit-belit). Untuk setiap pembahasan disertai dengan kutipan firman Allah maupun hadist-hadist lainnya. Tidak hanya itu, terkadang juga disisipi sebuah kisah nyata tentang keteladanan Nabi saw dan para sahabat yang dapat memotivasi pembaca. Pada bab terakhir buku motivasi ini, terdapat kuis untuk mengetahui seberapa positifkah pembaca. Di sana terdapat soal beserta analisis dari setiap jawaban.
Di balik semua kelebihan ang dimilikinya, B.3.P juga memiliki beberapa kekurangan. Dalam buku ini banyak sekali terdapat kesalahn dalam hal penulisan atau pengetikan. Seperti sering terjadinya pengulangan kata yang sebenarnya tidak perlu, kata-kata dalam kalimat yang susunannya kurang tepat atau terbalik, dan lain-lain.

Meskipun begitu, buku ini sangat layak untuk dibaca, karena buku Berhati, Berpikir, dan Bertindak Positif akan membantu Anda menjadi pribadi yang lebih baik dan positif setiap harinya. Tentunya, Anda harus mengamalkannya karena jika hanya membaca saja, Anda akan tetap seperti Anda sekarang.

No comments:

Post a Comment